Etika profesionalisme dalam dunia kerja, sangat beragam sebelum
membahas tentang etika dan profesionalisme dalam dunia kerja, akan
terlebih dahulu membahas apa itu Etika, profesi dan profesionalisme baru
setelah itu akan di bahas secara bersama secara keseluruhan apa itu
etika profesionalisme dalam dunia kerja, dan mengapa etika dan
profesionalisme sangat di butuhkan dalam dunia kerja.
Etika merupakan ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk
manusia sejauh yang dapat dipahami oleh fikiran manusia. sedangkan
profesi itu sendiri Belum ada kata sepakat mengenai pengertian profesi
karena tidak ada standar pekerjaan/tugas yang bagaimanakah yang bisa
dikatakan sebagai profesi. Ada yang mengatakan bahwa profesi adalah
“jabatan seseorang walau profesi tersebut tidak bersifat komersial”.
Secara tradisional ada 4 profesi yang sudah dikenal yaitu kedokteran,
hukum, pendidikan, dan kependetaan.
sedangkan profesionalisme sendiri Biasanya dipahami sebagai suatu
kualitas yang wajib dipunyai oleh setiap eksekutif yang baik, dan
biasanya seseorang yang mempunyai sikap profesionalisme mempunyai etika
yang baik pula. maka itu etika di butuhkan dalam dunia kerja begitu juga
dengan profesionalisme sangat di butuhkan dalam dunia kerja,
kedua-duanya menjadi tolak ukur di dalam dunia kerja, karena dalam dunia
kerja kita akan berjumpa dengan orang lain yang akan menjadi rekan
kerja, customers (pelanggan) jika kita bekerja yang bergerak di
perusahaan jasa.
ada pun manfaat yang di dapat dari etika di dalam dunia kerja antara
lain dapat mengetahui mengenai penilaian baik dan juga buruk bagi semua
manusia dalam ruang dan waktu tertentu, dan ada pun manfaat yang di
dapat dari profesionalisme dalam dunia kerja antara lain, dapat
menghargai pendapat orang lain yang berbeda, selain itu dapat
menganalisis suatu masalah yang di hadapi di dunia kerja, selain itu
juga seseorang yang profesionalisme juga mempunyai sikap mandiri
berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan
menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik
bagi diri dan perkembangan pribadinya.
dalam hal etika profesionalisme dalam dunia kerja akan saya berikan contoh kasus, adapun contoh kasus tersebut:
Contoh Kasus 1
seorang manager dalam suatu perusahaan datang terlambat dan tidak di
siplin, secara tidak langsung sebagai seorang yang mempunyai jabatan dan
mempunyai karyawan, seharusnya seorang manager tersebut harus menjadi
contoh yang baik dan sebagai panutan yang baik juga tentunya, jika
seorang manager di dalam suatu perusahaan tidak menghargai waktu dengan
baik, bagaimana karyawan bisa memaksimalkan pekerjaan mereka dan bisa
datang ke kantor dengan tepat waktu, karena karyawan tersebut pasti akan
berfikir seorang manager yang menjadi panutan dan sebagai contoh datang
selalu terlambat, seorang karyawan pasti kurang termotifasi untuk
datang ke kantor lebih awal, karena faktor sang manager selalu datang
terlambat.
Contoh kasus 2
seorang pimpinan perusahaan melakukan KKN (kolusi, korupsi dan
nepotisme) tanpa sadar pimpinan tersebut tidak bisa menjadi seorang yang
mempunyai etika dan profesionalisme yang bagus dalam dunia kerja,
karena dia tidak bisa bertanggung jawab dan tidak mempunyai dedikasi
yang dapat dia pertanggung jawabkan, seandainya dia seorang pemimpin di
dalam perusahaan yang memegang etika dan profesionalisme dia akan
menjunjung tinggi kebersihan perusahaannya dari KKN bukan sebaliknya.
dari contoh kasus 1 dan 2 dapat di simpulkan bahwa etika dan
profesionalisme dalam dunia kerja yang memegang peranan penting di
dalamnya selain pribadi kita sendiri faktor seorang pemimpin juga sangat
berpengaruh dalam dunia kerja, dan yang menentukan bagus secara etika
dan profesionalisme dalam dunia kerja itu juga faktor arahan dari
seorang pemimpin yang membimbing karyawan secara bersama-sama untuk
menumbuhkan rasa profesionalisme di diri masing-masing
Jumat, 18 April 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar