Budaya
organisasi
adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para
anggota yang membedakan suatu organisasi dari
organisasi-organisasi lainnya. Sistem makna bersama
ini adalah sekumpulan karakteristik kunci
yang dijunjung tinggi oleh organisasi.
Banyak pakar yang menyebutkan fungsi
dari budaya organsasi yang di
kutip oleh Aan komariah dan Triatna, salah satunya adalah Robins mencatat
lima fungsi budaya organisasi yaitu:
kutip oleh Aan komariah dan Triatna, salah satunya adalah Robins mencatat
lima fungsi budaya organisasi yaitu:
1. Membedakan satu organisasi dengan organisasi yang lain.
2. Meningkatkan sense of identity anggota
3. Meningkatkan komitmen bersama.
4. Menciptakan stabilitas sistem social.
5. Mekanisme pengendalian yang terpadu dan membentuk sikap dan perilaku karyawan.
Siagaan mencatat lima fungsi penting budaya organisasi, yaitu:.
1.
Sebagai penentu batas-batas
perilakudalam arti menentukan apayang
boleh dan tidak boleh dilakukan, apa yang dipandang baik atau tidak baik,
dan menentukan yang benar dan yang salah.
boleh dan tidak boleh dilakukan, apa yang dipandang baik atau tidak baik,
dan menentukan yang benar dan yang salah.
2.
Menumbuhkan jati diri suatu organisasi
dan para anggoatanya.
3.
Menubuhkan komitmen kepada
kepentingan bersama diatas kepentingan
individual atau kelompok sendiri.
individual atau kelompok sendiri.
4.
Sebagai tali pengikat bagi seluruh
anggota organisasi.
5.
Sebagai alat pengendali perilaku para
anggota organisasi yang
bersangkutan.
bersangkutan.
Kast dan Rosenweig Budaya organisasi meliputi garis-garis
pedoman
yang kukuh yang membentuk perilaku. Ia melaksanakan beberapa fungsi
penting seperti yang dijelaskan sebagai berikut:
yang kukuh yang membentuk perilaku. Ia melaksanakan beberapa fungsi
penting seperti yang dijelaskan sebagai berikut:
1.
Menyampaikan rasa identitas untuk
anggota organisasi.
2.
Memudahkan komitmen untuk sesuatu
yang lebih besar dari pada diri
sendiri.
sendiri.
3.
Meningkatkan stabilitas sitem
social.
4.
Menyediakan premise (pokok
pendapatan) yang di akui dan diterima
untuk pengambilan keputusan.
untuk pengambilan keputusan.
Dari beberapa ahli di atas Aan Komariah dan Cecep Triatna
menyimpulkan fungsi dari budaya organisasi adalah:
menyimpulkan fungsi dari budaya organisasi adalah:
1.
Pembeda karakteristik organisasi.
2.
Menunjukkan dan mempertajam identitas.
3.
Meningkatkan Komitmen bersama.
4.
Meningkatkan ketahanaan system social.
5.
Menunjukkan mekanisme kontrol terhadap norma
dan perilaku.
Dan juga dari beberapa pakar dapat di simpulkan pula oleh
Pabundu
Tika bahwa fungsi utama budaya organisasi sebagai berikut:
Tika bahwa fungsi utama budaya organisasi sebagai berikut:
1.
Sebagai batas pembeda terhadap
lingkungan, organisasi maupun
kelompok lain. Batas pembeda ini karena adanya identitas tertentu yang
dimiliki oleh suatu organisasi atau kelompok yang tidak dimiliki oleh
yang lain.Contoh perusahaan 3M di Amerika di kenal sebagai perusahaan
inovatif yang memburu pengembangan produk baru melalui program riset
serta memberi penghargaan bagi karyawan yang inovatif.
kelompok lain. Batas pembeda ini karena adanya identitas tertentu yang
dimiliki oleh suatu organisasi atau kelompok yang tidak dimiliki oleh
yang lain.Contoh perusahaan 3M di Amerika di kenal sebagai perusahaan
inovatif yang memburu pengembangan produk baru melalui program riset
serta memberi penghargaan bagi karyawan yang inovatif.
2.
Sebagai perekat bagi karyawan dalam
suatu organisasi. Hal ini merupakan
komitmen kolektif dari karyawan. Mereka bangga sebagai pegawai suatu
organisasi. Para karyawan mempunyai rasa memiliki, partisipasi, dan rasa
tanggung jawab atas kemajuan organisasi.
komitmen kolektif dari karyawan. Mereka bangga sebagai pegawai suatu
organisasi. Para karyawan mempunyai rasa memiliki, partisipasi, dan rasa
tanggung jawab atas kemajuan organisasi.
3.
Mempromosikan stabilitas sistem
sosial. Hal ini tergambarkan di mana
lingkungan kerja di rasakan positif, mendukung, dan konflik serta
perubahan yang diatur.Contoh perusahaan 3M di Amerika dalam
menjamin stabilitas sosial, mempromosikan sebuah kebijakan perekrutan
yang menjamin lulusan universitas yang cakap akan direkrut pada saat
yang tepat dan kebijakan pemberhentian yang menyediakan waktu 6 bulan
bagi karyawan yang di berhentikan untuk mencari pekerjaan lain diluar
3M sebelum diberhentikan.
lingkungan kerja di rasakan positif, mendukung, dan konflik serta
perubahan yang diatur.Contoh perusahaan 3M di Amerika dalam
menjamin stabilitas sosial, mempromosikan sebuah kebijakan perekrutan
yang menjamin lulusan universitas yang cakap akan direkrut pada saat
yang tepat dan kebijakan pemberhentian yang menyediakan waktu 6 bulan
bagi karyawan yang di berhentikan untuk mencari pekerjaan lain diluar
3M sebelum diberhentikan.
4.
semua orang diarahkan ke arah yang
sama. Contoh, karyawan Disneyland dengan dilebarkannya mekanisme kontrol,
didatarkannya struktur, sebagai mekanisme kontrol dalam memadu dan membentuk
sikap perilaku karyawan. diperkenalkannya tim-tim dan di beri kuasanya karyawan
oleh organisasi, makna bersama yang diberikan oleh suatu badaya yang kuat memastikan
bahwa Amerika Serikat secara universal menarik, bersih, dan tampak utuh dengan
senyum yang cemerlang. Citra ini di dukung oleh
aturan dan pengaturan yang formal.
aturan dan pengaturan yang formal.
5.
Sebagai integrator. Budaya
organisasi dapat di jadikan sebagai integrator
karena adanya sub-subbudaya baru. Kondisi seperti ini biasanya dialami
oleh adanya perusahaan-perusahaan besar di mana setiap unit terdapat
subbudaya baru. Demikian pula dapat mempersatukan kegiatan para
anggota perusahaan yang terdiri dari sekumpulan individu yang
mempunyai latar belakang budaya yang berbeda.
karena adanya sub-subbudaya baru. Kondisi seperti ini biasanya dialami
oleh adanya perusahaan-perusahaan besar di mana setiap unit terdapat
subbudaya baru. Demikian pula dapat mempersatukan kegiatan para
anggota perusahaan yang terdiri dari sekumpulan individu yang
mempunyai latar belakang budaya yang berbeda.
6.
Membentuk perilaku bagi
karyawan/anggota.Fungsi seperti ini
dimaksudkan agar para karyawan dapat memahami bgaimana mencapai
tujuan organisasi.Contoh, untuk membentuk perilaku karyawan yang baik
dalam mencapai tujuan organisasi, dilakukan program pelatihan dimana
karywan baru di ukur dan dievaluasi berdasarkan standar perjalanan karir
selam 6 bulan pertama hingga 3 tahun bekerja.
dimaksudkan agar para karyawan dapat memahami bgaimana mencapai
tujuan organisasi.Contoh, untuk membentuk perilaku karyawan yang baik
dalam mencapai tujuan organisasi, dilakukan program pelatihan dimana
karywan baru di ukur dan dievaluasi berdasarkan standar perjalanan karir
selam 6 bulan pertama hingga 3 tahun bekerja.
7.
Sebagai sarana untuk menyelesaikan
masalah-masalah pokok organisasi.
Masalah utrama yang sering dihadapi organisasi adalah masalah adaptasi
terhadap lingkungan eksternal dan masalah integrasi internal. Budaya
organisasi diharapkan daptar berfungsi mengatasi masalah-masalah
tersebut.
Masalah utrama yang sering dihadapi organisasi adalah masalah adaptasi
terhadap lingkungan eksternal dan masalah integrasi internal. Budaya
organisasi diharapkan daptar berfungsi mengatasi masalah-masalah
tersebut.
8.
Sebagai acuan dalam menyusun
perencanaan organisasi. Fungsi budaya
organisasi adalah sebagai acuan untuk menyusun perencanaan pemasaran,
segmentasi pasar, penentuan positioning yang akan dikuasai organisasi
tersebut.
organisasi adalah sebagai acuan untuk menyusun perencanaan pemasaran,
segmentasi pasar, penentuan positioning yang akan dikuasai organisasi
tersebut.
9.
Sebagai alat komunikasi. Budaya
organisasi dapat berfungsi sebagai alat
komunikasi antara atasan dan bawahan atau sebaliknya, Budaya sebagai
alat komunikasi tercermin pada aspek-aspek komuniksi yang mencakup
kata-kata, segala sesuatu yang bersifat material dan perilaku. Kata-kata
mencerminkan kegiatan politik organisasi. Material merupakan indikator
dari status dan kekuasan, sedangkan perilaku merupakan tindakantindakan
realitas yang pada dasarnya dapat dirasakan oleh semua insan
yang ada dalam organisasi.
komunikasi antara atasan dan bawahan atau sebaliknya, Budaya sebagai
alat komunikasi tercermin pada aspek-aspek komuniksi yang mencakup
kata-kata, segala sesuatu yang bersifat material dan perilaku. Kata-kata
mencerminkan kegiatan politik organisasi. Material merupakan indikator
dari status dan kekuasan, sedangkan perilaku merupakan tindakantindakan
realitas yang pada dasarnya dapat dirasakan oleh semua insan
yang ada dalam organisasi.
10.
Sebagai penghambat berinovasi.
Budaya organisasi dapat juga sebagai
penghambat dalam berinovasi. Hal ini terjadi apabila budaya organisasi
tidak dapat mengatasi masalah-masalan yang menyangkut lingkungan
ekstenal dan integrasi internal. Perubahan-perubahan.
penghambat dalam berinovasi. Hal ini terjadi apabila budaya organisasi
tidak dapat mengatasi masalah-masalan yang menyangkut lingkungan
ekstenal dan integrasi internal. Perubahan-perubahan.
Pengertian Teknologi Terhadap
Kreativitas Individu dan Team
Teknologi
adalah satu ciri yang mendefinisikan hakikat manusia yaitu bagian dari
sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah. Teknologi, menurut Djoyohadikusumo
(1994, 222) berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan
(engineering). Dengan kata lain, teknologi mengandung dua dimensi, yaituscience
dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada
pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri
dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu
terhadap lainnya.
Definisi Kreativitas menurut pakar dapat
di identifikasi sebagai berikut:
- Munandar (1992) menyebutkan
kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data,
informasi, atau unsur-unsur yang ada yang di dasarkan pada data atau informasi
yang tersedia, yang memungkinkan seseorang menemukan banyak kemungkinan jawaban
terhadap masalah, yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas),
danorisinilitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi
(mengembangkan, memperkaya, merinci) suatu gagasan.
- Slameto (2003) menjelaskan bahwa
pengertian kreativitas berhubungan dengan penemuan sesuatu, mengenai hal yang
menghasilkan sesuatu yang baru dengan menggunakan sesuatu yang telah ada.
Sesuatu yang baru itu mungkin berupa perbuatan atau tingkah laku, bangunan, dan
lain-lain.
- Moreno dalam Slameto (2003) yang
penting dalam kreativitas itu bukanlah penemuan sesuatu yang belum pernah
diketahui orang sebelumnya, melainkan bahwa produk kreativitas itu merupakan
sesuatu yang baru bagi diri sendiri dan tidak harus merupakan sesuatu yang baru
bagi orang lain atau dunia pada umumnya, misalnya seorang guru menciptakan
metode mengajar dengan diskusi yang belum pernah ia pakai.
- Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan
(1991), kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk
baru, baik yang benar-benar baru sama sekali maupun yang merupakan modifikasi
atau perubahan dengan mengembangkan hal-hal yang sudah ada.
Dalam hal ini teknologi sangat
membantu setiap individu dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki dengan
memanfaatkan teknologi yang terus berkembang dengan itu setiap individu dapat
dengan mudah menyampaikan atau memberikan kreativitas yang dia miliki untuk
dipergunakan dalam kinerja dia ataupun perusahaan tempat ia bekerja.
Dengan teknologi yang terus
berkembang sampai saat ini memberikan kemudahan kepada setiap individu atau
team dalam mengembangkan kreativitas yang dia miliki dengan memanfaatkan
teknologi yang benar untuk memajukan suatu team atau organisasi.
Posting Komentar